Mentor & Sponsor dalam karier Sales

 Kali ini saya mau sedikit share terutama kepada beberapa teman Sales yang mungkin sedang merasa gundah gulana memikirkan karir Salesnya yang selalu mentok walaupun merasa sudah berjualan hebat, selalu capai target dan sudah merasa bekerja  dalam kurun waktu yang lama.

Ketika kita bekerja, sebagai apapun posisi kita pastilah kita sangat menginginkan perbaikan karir, level posisi, dan fasilitas yang selalu semakin baik di Perusahaan kita bekerja. terlebih di bidang Sales, yang mana dari sisi prestasi kerja sangat bisa terlihat dan terukur keberhasilan atau kegagalannya.

Namun demikian walaupun begitu tetap saja banyak orang Sales yang merasa kecewa, terutama sekali bagi mereka yang merasa punya kemampuan dan hasil penjualan yang cukup baik tapi kok masih tetaaaappp aja menjadi Somebody (baca: Sambadi) alias Salesman Abadi. mungkin saja saat ini ada beberapa dari teman-teman yang tengah mengalami hal tesebut.

Di lain pihak, kita juga sering menemui seorang Salesman yang mungkin kemampuannya biasa2 saja namun karirnya bisa melesat cepat, belum genap 5 tahun namun karirnya sudah melampaui rekan-rekan seniornya, yang tentunya membuat banyak iri rekan-rekannya.

Suka atau tidak realitanya faktor kenaikan karir bagi seorang Salesman memang di pengaruhi berbagai macam hal tidak hanya melulu pencapaian target penjualan semata, mulai dari faktor kedekatan dengan atasan, faktor posisi yg tidak tersedia, kemampuan perusahaan, kemampuan Salesman itu sendiri dll. namun taukah Anda bahwa lepas dari semua Faktor itu semua ada 2 hal penting yang sangat mempengaruhi Anda dalam menentukan perjalanan karier Sales Anda di perusahaan?, kedua faktor ini sayangnya banyak orang sales belum fahami.

Kedua Faktor tersebut adalah Mentor dan Sponsor , apakah itu ? baik berikut saya coba jelaskan

Mentor

Mentor adalah orang yang kita anggap sebagai tempat belajar dan mengasah skill kita di perusahaan atau di tempat lain, Mentor biasanya orang yang yang banyak memberi pelajaran kepada kita baik secara langsung maupun tidak langsung., terkadang seorang Mentor tidak menyadari bahwa dirinya di jadikan mentor oleh orang lain. Namun apapun itu seorang mentor biasanya sangat mempengaruhi kemampuan/ Skill orang yang menjadikannya mentor.

Idealnya seorang Mentor haruslah si Atasan dari Salesman itu sendiri, yang lebih mengajarkan teknik2 jualan, pasar dan lain-lain, walaupun kenyataannya tidak selalu seorang atasan bisa menjadi mentor bagi bawahannya dengan berbagai macam faktor. Peran seorang mentor ini sangat penting bagi pertumbuhan kemampuan & pembentukan skill si Salesman, karna sang mentor biasanya mewarisi berbagai macam pola berfikir yang biasanya kemudian juga di anut dan di amini oleh si Salesman. itulah mengapa di beberapa bisnis MLM misalnya kita mengenal istilah “duplikasi” bagi downline kita, hal ini adalah dalam rangka menjaga dan meningkatkan kemampuan & skill para sales force tsb.

Jika sudah punya mentor dan kemampuan/skill sudah semakin terasah di tambah lagi hasil kerja pun sudah menunjukan hasil yang baik, apakah kemudian pasti kita bisa naik level karir kita?, jawabannya belum tentu karna peran seorang mentor hanya sebagai orang yang mampu mengupgrade kemampuan kita namun belum tentu punya kemampuan untuk menjadikan kita ke level yang lebih tinggi.

Sponsor

Sponsor adalah orang yang mereferensikan/mempengaruhi kepada pengambil keputusan di perusahaan untuk menunjuk anda naik karir/level posisi di perusahaan Anda. Idealnya Sponsor ini adalah atasan anda langsung namun pada kenyataannya banyak juga si Sponsor ini bukanlah atasan anda langsung atau orang lain, dan seringkali kita temui juga seorang atasan tidak bisa menjadi Sponsor bagi bawahannya sendiri. seorang Sponsor ini biasanya adalah juga orang yang cukup di dengar di perusahaan/Management, bisa jadi atasan Anda langsung, atasan dari atasan anda atau orang lain di Departemen lain.

Faktor seseorang mau jadi sponsor bagi orang lain bisa bermacam2, idealnya adalah alasan yang cukup profesional, namun tidak jarang juga berdasarkan kedekatan pribadi, kesamaan cara pandang dan cara berfikir,kesamaan kampung halaman, kesamaan Hobby, dan lain lain. inilah yang seringkali mendasari keputusan mempromosikan seseorang tidak benar-benar berdasarkan prestasinya secara nyata dan teruji..

dan inilah juga yang pada realitanya sering kita temui orang yang punya prestasi Sales dengan penjualan yang cukup baik  tidak bisa-bisa naik level karna hal-hal tersebut seolah tidak “terlihat” oleh pengambil keputusan di perusahaan. terkadang bukan salah si pengambil keputusan di Perusahaan dalam hal ini direksi atau senior Manager Level tapi karna orang tersebut memang tidak memiliki “Sponsor” untuk mengangkat karirnya dan atau si atasan langsung tidak mau atau tidak bisa menjadi Sponsor bagi dirinya.

Menyebalkan memang bagi mereka yang merasa sudah berkerja keras, mampu mengupgrade skill, dan memberikan hasil & kontribusi nyata tetapi masih saja “diam di tempat” tapi percayalah ini adalah realitanya yang harus kita hadapi. istilah ” it’s not about what You do, but it’s about Who is seeing what u are doing, Bukan masalah apa yang kamu kerjakan, tetapi siapa yang melihat kamu mengerjakan apa…., “ sangat-sangat berlaku disini.

Mentor & Sponsor, dan bagaimana harus besikap

Yang saya sampaikan ini bukan untuk membuat demotivasi teman-teman sales semua, dan atau mempengaruhi hal-hal yang negatif dalam pekerjaan kita, namun saya hanya ingin memberikan sedikit alert kepada teman-teman untuk memahami realita kondisi dunia kerja khususnya di bidang Sales yang memang berlaku di keseharian kita. dan bagaimana kita mensikapinya.

Seharusnya dan biasanya sebuah Perusahaan memang memiliki perangkat sistem dalam mengatur sebuah track record seseorang dalam jenjang karirnya, namun tidak dapat di sangkal bahwa faktor keberadaan Mentor dan Sponsor ini tetap mempengaruhi berjalannya sistem tersebut.

Keberadaan seorang Mentor dan Sponsor sesungguhnya sangatlah penting, dan sangat baik kiranya jika kebetulan Sang Mentor dan sponsor adalah atasan kita langsung, sehingga bisa dipastikan kemampuan kerja dan prestasi kita akan lebih termonitor oleh perusahaan, dan kesempatan biasanya lebih terbuka lebar.

So…. Sudahkah Anda memilkil Mentor & Sponsor di tempat anda bekerja ?