Salesman vs Salespeople I

Pasti Anda pernah mendengar kedua istilah di atas. ” Salesman”, dan Sales Peeople”,  Hmm… , mungkin anda juga banyak bertanya2 atau saling berargumen bahwa keduanya adalah sama atau pun berbeda. Walaupun punya satu kata yang sama yaitu Sales, namun menurut saya keduanya memiliki makna yang berbeda.

Salesman itu berarti seorang penjual atau dalam arti kata lain orang yang pekerjaan sehari2nya adalah berjualan atau menjual barang atau produk atau mungkin juga jasa.  namun kalau bicara soal Sales People pastinya memiliki makna yang berbeda, apa itu?

Ya…, Untuk  Sales people saya mengartikannya sebagai orang Sales, atau lebih jelasnya adalah orang2 yang memiliki jiwa Sales atau jiwa menjual, baik itu menjual produk. jasa atau menjual dirinya sendiri…

Banyak orang mengatakan katanya kalo mau jadi pengusaha sebaiknya kerja jadi Sales dulu aja, bisa punya banyak jaringan, tau cara menjual, dan memahami pasar. Memang tidak ada yang salah dengan statement ini . hanya saja sebetulnya calon2 Entrepreneur itu sebetulnya lebih banyak berasal dari Salespeolpe bukan dari Salesman.

Artinya begini, banyak orang orang yang bekerja sebagai salesman atau di bidang sales tapi sebetulnya dia bukanlah seorang salespeople. Mereka inilah yang biasanya yg pada saat bekerja  merasa  terbebani dengan target, tidak jarang pula orang yang berprofesi sebagai salesman tapi jam kerjanya Tanggo, masuk jam 8 pulang  jam 5, selesai pekerjaan ya sudah selesai. jika di haruskan untuk menengok outletnya, bertemu customer/ client di luar jam kantor, menjadi malas, atau juga mereka mereka yang hanya berfikir asal bisa jual  dapat insentif cukup ya sudah merasa cukup tanpa berfikir bahwa betapa pentingnya menjalin relasi dengan customer/ client, dalam arti kata lain mereka adalah sales yang tidak “menjiwai” pekerjaan salesnya. bukan tidak mau tetapi memang tidak bisa atau belum memahami.

Namun tidak jarang juga seorang Salesman yang luar biasa aktif membina hubungan dengan Client/ Customernya sehingga memiliki reputasi yang baik, dan merasakan kesenangan yang teramat sangat ketika sedang melakukan aktifitas penjualan, sehingga tidak jarang lupa waktu, bahkan di hari liburnya pun dia tetap bekerja tanpa merasa terbebani. Selalu menyukai tantangan2, dan selalu mencari peluang2 baru dalam pekerjaannya. Nah, tipe Salesman yang seperti ini lah yang saya sebut sebagai Salesman as a Salespeople atau seorang salesman yg berjiwa Sales. mereka adalah orang2 yang “menjiwai” pekerjaannya sebagai penjual. sehingga tak heran kalau saya katakan merekalah orang2 yang akan menjadi calon2 etrepreneour di masa datang, karna memang passion mereka ada disitu.

Di lain Sisi tidak jarang pula orang2 yang berprofesi diluar pekerjaan Sales tapi begitu aktifnya menjadi Salesman di lingkungan sekitar kita, baik di kantor ataupun di lingkungan rumah. pernahkah ada di kantor anda  orang2 HRD atau bagian lainnya yang suka bawa bawa dagangan ke kantor, menawarkan dari produk2 multilevel tertentu sampai menjual makanan, atau pernahkan juga anda temui tetangga kita yg biasanya Ibu2 datang kerumah menawarkan dagangannya baik dagangan baju atau kue2 kecil, atau seringkali juga kita melihat banyak karywan biasa yang merangkap menjadi seorang agen asuransi kemudian di tahun berikutnya resign dari pekerjaannya dan lebih asyik dengan passion menjual asuransinya dan kemudian menjadi lebih sukses.

Jadi pastinya seorang salespeople adalah orang orang yang memang memiliki jiwa Sales dengan tidak di batasi pekerjaannya, baik dia seorang Salesman, atau berprofesi lainnya, dan merekalah memang yang menjadi calon2 Entrepreneur dimasa datang.

so.., seorang Salesman belum tentu seorang Sales People, dan seorang salespeople tidak selalu seorang salesman

ya… itulah perbedaan mendasar antara Salesman & dan Salespeople.., jadi buat anda yag berprofesi sebagai Salesman, atau pekerjaan lainnya,  apakah anda termasuk seorang Salespeople?,